salam

Senin, 01 Agustus 2022


Hallooow para bunda, ayah, ibu, bapak, mama, papa, ummi, abi, dan semuanya...

Hr ini mimin mau bagi info tentang 10 pesan Gizi Seimbang agar hidup qt lebih sehat, produktif, bahagia dan bermanfaat. Yuuuk disimak... 🤗🤗🤗


1. Syukuri dan Nikmati Anekaragam Jenis Makanan.

Setiap makanan yg ada dihadapan qt patutlah disyukuri dengan memakannya atau menikmatinya dengan penuh kegembiraan dan kesyukuran

 Krn makanan tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan zat gizi dlm tubuh qt. So, jangan lagi nyinyirin, mencela dan mekatakan makanan yg ada dihadapn qt tidak, agar apa yang kita makan bisa mendatangkan keberkahan untuk hidup kita. Aamiin.


2. Banyak Makan Sayuran dan Cukup Buah-buahan

Makan buah dan sayur bukan berarti qt jadi seperti kambing atau sapi. Buah dan sayur dibutuhkan oleh tubuh untuk menyehatkan pencernaan, mengurangi risiko penyakit degeneratif dan tidak menular, serta menjadi sumber vitaminmineral


3. Konsumsi Lauk-pauk Berprotein Tinggi

Makan sayuran saja juga nggak baik, tubuh qt perlu asupan gizi dari lauk-pauk yang mengandung protein tinggi seperti telur, tempe, tahu, daging, ikan, dan lainnya. Protein adalah sumber energi yang mengatur metabolisme tubuh, menyeimbangkan cairan dalam tubuh, menangkal radikal bebas, dan masih banyak manfaat lainnya.


4. Konsumsi Aneka Ragam Makanan Pokok

Umumnya masyarakat terbiasa makan nasi sebagai sumber energi, kalo belum makan nasi dianggap belum makan. Padahal, sumber karbohidrat tidak hanya dr nasi tapi juga bisa berasl dr gandum, jagung, ketela/singkong, kentanh dan lainnya.  Masalahnya hanya pada pembiasaan konsumsi pangan yg beragam dan berimbang untuk bisa mendapatkan zat gizi yg lbh lengkap.


5. Batasi Konsumsi Makanan Manis, Asin dan Berlemak

Setiap orang butuh makanan yang manis, asin dan berlemak. Karena itu juga berpengaruh untuk keseimbangan tubuh. Tapi jika berlebihan ya tidak baik. Untuk itu batasi makanan manis, asin apalagi yang pakai micin, dan berlemak. Ganti gula dengan madu, kurangi garam dan lemak.


6. Biasakan Sarapan Pagi Sebelum Beraktivitas

Sarapan sangat penting, karena otak dan tubuh perlu asupan gizi sebelum beraktifitas dan mengeluarkan energi. Terlebih bagi adik2 yang masih bersekolah, sarapan bisa membantu membuat adik2 lebih fit dan optimal dalm menerima pelajaran.


7. Minum Air Putih Yang Cukup dan Aman

Konsumsi air putih yg cukup sangat penting bagi tubuh untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh dan menunjang kinerja otot. Selain itu konsumsi air putih juga dapat membuat kulit menjadi sehat dan menjaga berat badan lho. Gimana? Masih malas minum air putih? 

Btw, minum air putihny jangan hanya krn terlihat bening ya, tapi pastikan air yg qt konsumsi adalah air yg bersih dan aman. Lebih bagus lagi jika qt konsumsi air yg sudah di masak. 😉😉


8. Biasakan Baca Label Pada Kemasan Makanan

Membaca label pada kemasanmakanan yg qt beli sangat penting untuk mengetahui bahwa makanan yg klg qt konsumsi mengandung bahan2 yg aman dan menyehatkan. Pastikan untuk selalu melihat label kandungan gizi dan komposisinya. Jika makanan kemasan itu nggak punya kandungan gizi yang sempurna, lebih baik jangan sering-sering memakannya.


9. Biasakan Cuci Tangan Dengan Sabun dan Air Mengalir

Naaah,, bagian kebersihan diri dan lingkungan ini adalah bagian yg penting juga lho. Makanan bergizi dan seimbang yg qt makan akan percuma jika wadah, lingkungan dan kebersihan diri qt tidak dijaga.

Mencuci tangan dengan air yg mengalir minimal 5 langkah (bisa search di youtube atau google y langkah2nya) akan mencegah anggota klg qt dr terjadinya diare, cacingan dan berbagai penyakit yg diakibatkan oleh bakteri dan virus. Dan ketika mencuci tangan, harus dengan air yang mengalir. Supaya kotorannya nggak menempel di tangan lagi.


10. Olahraga Secara Teratur dan Jaga Berat Badan Normal.

Supaya gizi yang masuk juga seimbang dengan energi yang keluar, maka berolahragalah secara teratur. Dengan olahraga maka akan bisa membakar kalori dan lemak dalam tubuh supaya berat tubuh menjadi ideal.


Itulah 10 pesan gizi seimbang (5 pesan pertama ada dipostingan sebelumnya y..🤗🤗🤗) yg bisa qt jadikan pedoman agar tubuh qt lbh sehat, fit dan bugar.

Selamat Mencoba. 😍😍😍

Tidak ada komentar:

Posting Komentar